7 Ide Desain Plafon Rumah

Setiap pemilik rumah, pastinya ingin memiliki desain interior yang sesuai dengan keinginannya, termasuk pada bagian plafon rumah. Plafon adalah penutup yang berada di bawah rangka atap yang dapat mencegah masuknya cuaca secara langsung ke dalam rumah, seperti hujan dan terik matahari langsung. Selain itu, fungsi lainnya untuk menyembunyikan kabel-kabel, melindungi dari jatuhnya kotoran atau material dari atap, serta mencegah hewan pengganggu seperti tikus.

Dengan adanya plafon, bisa menambah value interior di dalam rumah. Desain plafon yang dipilih dapat berpengaruh pada suasana rumah yang memberikan kesan yang lebih bagus dan menarik. Selain itu, dapat menjadikan rumah terlihat lebih tinggi, luas, sejuk, dan terang. Sebelum memasang plafon, pastikan atap dalam kondisi baik (tidak bocor) agar saat hujan air tidak merusak plafon. Untuk pemasangan, Anda dapat menggunakan tenaga ahli agar bisa terpasang dengan benar dan kuat, sehingga tidak mencelakakan pemilik rumah kedepannya. Seiring dengan perkembangan zaman, material plafon semakin memiliki banyak jenis sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan. Berikut beberapa referensi pemilihan material plafon:

1. Plafon Kaca

Plafon dengan tambahan kaca dapat memberikan kesan yang lebih luas di langit-langit. Dengan perpaduan antara kaca dengan material lainnya seperti kayu atau gipsum. Ketika ini sudah dipasang kamu bisa merasakan nuansa yang tenang untuk istirahat. Plafon ini sangat cocok untuk di kamar tidur Anda.

2. Plafon Klasik

Plafon klasik biasanya terbuat dari material kayu serta gaya retro yang memberikan kesan unik dan minimalis. Namun, biasanya untuk material kayu terkesan warna gelap pada plafon, Anda bisa kombinasikan dengan material kaca yang dapat menyeimbangkan pencahayaan di dalam ruangan. Plafon klasik bisa diaplikasikan untuk di ruang baca ataupun ruang kerja di rumah.

3. Plafon Artistik

Plafon yang artistik bisa menggunakan material fiber yang mudah dipasang, ringan dan menambahkan daya tarik plafon di langit-langit. Untuk faktor pendukung bisa menambahkan ornamen lampu tempel yang menarik seperti bentuk  matahari, bunga, ataupun visual lainnya yang sesuai selera dari pemilik rumah. Plafon artistik sangat sesuai untuk ruang keluarga dan ruang tamu yang minimalis.

4. Plafon Putih

Pemilihan plafon putih cocok untuk semua gaya rumah. Jika dekorasi dalam rumah banyak menggunakan motif, warna, dan tekstur, bisa diseimbangkan dengan plafon yang simpel tanpa banyak aksen dan berwarna putih. Selain itu, plafon polos putih bisa memberikan kesan bersih dan luas pada ruangan penuh warna.

5. Plafon Bondek

Penambahan plafon dapat memberi kesan ruangan terlihat lebih pendek, untuk alternatifnya bisa menggunakan bondek. Bondek digunakan sebagai lapisan dasar beton atau alas cor untuk rumah bertingkat. Untuk memanfaatkan bondek bisa dengan mengecat dengan warna gelap dan atur pencahayaan agar ruangan terkesan hangat untuk digunakan, Anda bisa menambahkan lampu gantung untuk kesan yang lebih modern. Plafon ini sangat cocok untuk garasi, teras depan, atau area di belakang rumah yang menciptakan gaya minimalis industrial.

6. Plafon Berlapis

Plafon berlapis biasanya menggunakan material dari beberapa kombinasi yang dapat memberikan kesan modern dan sesuai keinginan Anda. Untuk contohnya, Anda bisa menggunakan dari material gipsum, sedangkan lapisan terluar bisa menggunakan material granit hitam. Untuk menambah dekorasi, Anda bisa menggunakan lampu melingkar ataupun lampu kristal.

7. Plafon Ala Kerajaan

Rumah minimalis dengan menggunakan plafon kayu ukiran di salah satu ruangan bisa menghadirkan dekorasi gaya mewah, ataupun untuk gaya desain yang memanjang. Khusus penggunaan plafon jenis kayu, pastikan Anda menggunakan lapisan anti rayap agar plafon tahan lama, serta menggunakan cat kayu mengkilap sehingga warna kayu terlihat lebih natural.

Setelah membaca 7 ide desain plafon rumah minimalis, desain mana yang cocok untuk plafon rumah Anda?

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui Facebook @lampbondled dan Instagram @lampbond. Jangan lupa untuk follow, like, comment, dan share!

Tokopedia:

Lampbond Official Store

Sumber referensi :

https://bit.ly/3x8SUiY

Beri Komentar

Nama .
.
Pesan .

Setujui Komentar Sebelum Ditampilkan

Back to the top