Jangan sepelekan! kenali Astenopia dan cara mencegahnya

Apakah Anda tahu Astenopia atau mata lelah? banyak orang yang tidak menyadari, bahwa kelelahan mata atau astenopia ini sering kali dialami kebanyakan orang. 

Astenopia atau yang paling sering dikenal dengan kelelahan mata sering terjadi apabila digunakan secara terus menerus tanpa istirahat. Terdengar seperti gangguan kesehatan yang ringan namun, tahukah Anda apabila hal ini dilakukan secara terus menerus akan memunculkan dampak kesehatan mata dengan kondisi yang lebih serius yang pada akhirnya akan menganggu aktivitas keseharian Anda.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita bahas mengenai apa saja yang menjadi penyebab mata lelah atau astenopia ini.

1. Bekerja menggunakan perangkat gadget dengan cahaya yang terlalu terang maupun terlalu redup.

2. Membaca dengan kondisi lampu yang tidak ideal (cahaya terlalu terang maupun pemilihan warna lampu tidak sesuai).

3. Berkendara terlalu lama

4. Terpapar sinar kendaraan yang terlalu menyilaukan

5. Menonton, bermain gadget terlalu lama dengan cahaya yang terlalu terang maupun terlalu redup.

6. Bermain atau menggunakan gadget pada ruangan yang gelap.

Apakah ada kegiatan yang Anda sering lakukan di atas? Jika ya, Anda harus mempertimbangkan untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak. Lalu apa saja ciri-ciri dari mata lelah atau astenopia ini? mari kita lihat satu-persatu.

1. Mata lebih cepat berair, terasa gatal dan tegang dan bahkan terasa kering.

2. Sulit melihat cahaya yang terlalu terang, pandangan terasa kabur.

3. Pada tahap yang lebih serius ciri-ciri yang terlihat di antaranya adalah sakit kepala atau migrain dan bahkan mual.

4. Apabila kelelahan mata dilakukan tanpa istirahat akan berdampak pada anggota tubuh lainya seperti pegal, nyeri-nyeri pada bagian tengkuk, leher, bahu dan bisa menjalar ke bagian punggung.

Tahukah Anda, bahwa apabila Anda tidak melalkukan pencegahan, mata lelah maupun astenopia mengakibatkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Untuk mencegah mata lelah atau Astenopia ini, Anda bisa melakukan serangkaian upaya sebagai berikut :

1. Memejamkan mata sejenak sekitar 5-10 menit, memijat bagian pelipis secara lembut.

2. Mengatur jarak antara mata dengan gadget agar tidak terlalu dekat.

3. Kompres mata dengan menggunakan air hangat.

4. Menggunakan obat tetes mata (Tidak dianjurkan untuk penggunaan terus menerus, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter)

5. Merenggakan badan.

6. Menggunakan kacamata maupun contact lense yang sesuai dengan mata Anda.

7. Menyesuaikan tingkat kontras cahaya gadget Anda.

Yang terakhir, Anda dapat melakukan pencegahan dengan menggunakan produk lampu lampu LED Lampbond yang ramah untuk mata Anda. Anda dapat menggunakan varian lampu LED Synergy Smart Switch 3 Warna, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Anda dapat menyesuaikan warna lampu lampu sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan, sebagai contoh apabila Anda sedang membaca buku Anda dapat menyesuaikan warna cahaya menjadi warna cool white (4000°k) atau ketika Anda ingin menonton, Anda dapat mengubah warna lampu menjadi warna warm white (3000°k), Kemudahan dalam 1 lampu untuk segala rutinitas Anda di rumah bersama Keluarga.

Ingin cari tahu lebih lanjut? Anda dapat menghubungi kami melalui instagram (@lampbond) dan dapat mencari produk Synergy Smart Switch 3 Warna Lampbond melalui Tokopedia, cukup cari "Lampbond". 

Beri Komentar

Nama .
.
Pesan .

Setujui Komentar Sebelum Ditampilkan

Back to the top