Atur Pencahayaan Agar #DiRumahAja Tetap Nyaman

Semenjak pandemi, pemerintah telah sepakat untuk mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah. Sehingga munculnya hastag #DiRumahAja belakangan ini menjadi popular. Masyarakat terpaksa harus melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari Work From Home sampai anak yang harus belajar daring. Akan tetapi, perubahaan suasana perkantoran dan sekolah dengan di rumah dapat menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, tidak semua rumah memiliki atmosfer dan pencahayaan yang memadai dibandingkan dengan melakukan aktivitas luar rumah. Secara tidak langsung, hal ini dapat mempengaruhi mood kamu sampai kehilangan fokus karena gangguan yang beragam.

Pencahayaan yang tidak sesuai standar merupakan salah faktor yang umum ditemukan. Lantas, tipe pencahayaan seperti apa yang memenuhi standar pencahayaan baik ketika melakukan aktivitas di rumah?

  1. Pilih Lampu Ber-SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI) jelas menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Pasalnya ini yang menjadi standarisasi jika lampu yang kita gunakan memenuhi kualifikasi Badan Standarisasi Nasional (BSN), sehingga kita dapat memastikan keamanan produk tersebut. Tidak hanya itu, SNI juga menegaskan bahwa lampu perlu diatur standarnya, karena untuk setiap ruangan di rumah terdepat nilai intensitas tertentu untuk menjamin sehat visual pengguna ruangan yang sedang beraktivitas. Misalnya Jika ruangan anda memiliki ukuran sembilan meter persegi, setidaknya dibutuhkan total daya lampu 63 watt.

  1. Memilih lampu LED

Jenis pencahayaan ini bisa kamu pilih karena dapat menghasilkan sinar yang dipercaya 90% lebih efektif dari bohlam biasa. Kalau takut lampu terlalu terang tenang saja, Kini terdapat lampu LED yang bisa diatur tingkat keterangannya. Untuk beraktivitas, sebaiknya menggunakan Lampu LED dengan warna cahaya yang putih, bukan kuning. Maka dari itu, lampu LED merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengatur ruanganmu sebagai tempat yang nyaman untuk berkerja.

  1. Lampu Untuk Mengatur Mood Kamu

Dan yang terakhir adalah memilih lampu dengan ragam warna yang bisa menyesuaikan mood kamu. Melakukan kegiatan di rumah, seringkali membuat kita merasa bosan dan jenuh dengan pemandangan dan atmoser yang itu-itu saja. Seiring dengan berkembangnya teknologi, pencahayaan bukan hanya bisa mengiringimu melakukan aktivitas sehari-hari. Kini, beberapa jenis lampu juga bisa digunakan sebagai pengatur suasana ruangan untuk menghibur diri kita dimasa penuh tekanan ini. Misalnya seperti jenis lampu LED berteknologi WIFI yang dapat diubah ke berbagai warna cahaya berbeda. Dan itu dapat diatur menyesuaikan mood kamu. Dengan ini, dalam sekejap kamu bisa mengubah ruanganmu menjadi menarik.

-LV

Back to the top