Ini 5 istilah lampu yang sering didengar, yang Anda harus ketahui artinya

Sering kali Anda menemukan begitu kata maupun istilah lampu maupun kelistrikan yang tidak Anda pahami. Mulai dari istilah spanning sampai dengan lumen, apa sih arti dari istilah maupun kata-kata ini? Mari kita simak bersama!
 
 1. Spanning
Dilansir dari kamus bahasa Indonesia, spanning diartikan sebagai tekanan maupun tegangan atau desakan. Bisa diartikan spanning merupakan tegangan listrik yang tidak stabil atau naik turun. Apabila listrik di rumah mengalami spanning hal ini dapat terlihat dari lampu Anda yang tiba-tiba menjadi redup atau bahkan putus (mati) setelah itu lampu akan kembali menyala seperti normal. Terkadang akibat dari spanning ini akan meninggalkan kondisi kehitaman pada lampu.

 

 

 2. Lumen

Pastinya Anda akan sering melihat kata maupun istilah ini baik di kemasan lampu ataupun di tempat lain. Singkatnya lumen merupakan jumlah  cahaya yang dihasilkan oleh suatu sumber cahaya. Apabila semakin tinggi nilai lumen dari sebuah lampu maka, lampu akan semakin terang begitu juga dengan sebaliknya.

 

3. Lux

Berbeda dengan Lumen, lux adalah satuan pengukuran intesitas cahaya pada permukaan benda. Untuk mengukur suatu cahaya ini Anda akan memerlukan alat yang bernama Lux Meter. Jumlah Lux akan memberikan ada informasi berapa ukuran tingkat cerah yang objek maupun benda lainya yang terpapar sumber cahaya tersebut.

 

4. SNI

Apakah Anda cukup familiar dengan istilah satu ini? betul, SNI adalah kepanjangan dari Standar Nasional Indonesia. Dalam prosesnya apabila suatu produk mengikuti tes uji ketahanan produk akan melewati serangkaian tes seperti tes ketahanan api, panas, uji aksial, uji kuat listrik, uji torsi dan lain-lain yang dibutuhkan untuk membuktikan bahwa produk tersebut aman digunakan oleh konsumen.

 

5. CRI

Color Rendering Index atau indeks kesesuaian warna atau singkatnya CRI adalah suatu pengukuran sumber pencahayaan menampilkan warna yang sesuai atau tidak. Sebagai contoh sebuah lampu menyinari buah apel. Jika nilai CRI tinggi maka hasil warna yang pancarkan dari buah apel akan terlihat warna merah sesuai dengan warna asli benda yang disinari objek tersebut.

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.