Ini Loh 5 Cara Simpel Untuk Mengurangi Sampah Plastik !

Apakah Anda tahu, bahwa Indonesia merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di Dunia?. Dilansir dari laman tekno Tempo, Indonesia berada diperingkat ketiga sebagai negara penyumbang sampah plastik terbesar di Dunia setelah China dan India. Hal ini masih dilatarbelakangi oleh kurangnya edukasi lingkungan serta juga kebiasaan perilaku buruk seperti membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai, di jalan raya dan di gorong-gorong dengan seenaknya.

 

Seiring berjalannya waktu, kini instansi pemerintah mulai fokus membentuk peraturan kantong plastik berbayar yang sudah mulai dilakukan oleh berbagai golongan. Tentu saja hal Anda juga bisa mulai ikut berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik dengan cara simpel sebagai berikut :

 

 

 

  1. Membawa kotak makanan & botol minum sendiri

Ketika Anda pergi mencari makanan khususnya ketika pesanan Anda ingin dibawa pulang ke rumah, makanan maupun minuman yang Anda pesan akan dibungkus ke dalam wadah plastik. Sebagai gantinya Anda dapat mengganti plastik tersebut dengan kotak makan maupun botol yang sudah Anda sediakan dari rumah.

 

  1. Membawa sedotan reusable

Anda suka membeli minuman dan sering menggunakan sedotan plastik?, sekarang Anda dapat beralih dengan menggunakan sedotan reusalbe, terlebih sedotan reusable ini dilengkapi dengan sikat pembersih yang dapat dibersihkan setelah selesai penggunaan.

 

  1. Pemanfaatan limbah plastik

Jika terlalu banyak sampah plastik seperti botol, gelas maupun tempat makan sekali pakai, Anda dapat  menjadikan limbah plastik tersebut menjadi barang yang dapat Anda gunakan kembali. Salah satunya Anda dapat menggunakan botol sebagai pot atau menggunakan tempat makan sekali pakai untuk digunakan sebagai  wadah tempat alat tulis. Anda juga bisa loh mengkreasikannya sebagai hasil kreativitas lain!.

 

  1. Mengurangi penggunaan alat makan sekali pakai

Anda dapat menggunakan alat makan sekali pakai dengan alat makan yang Anda bawa dari rumah sendiri, seperti halnya garpu, sendok dan peralatan lainya.

 

  1. Menggunakan kantong belanja

Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah selalu membawa kantong belanja kemana pun Anda pergi. Dengan menggunakan tas belanja dari, Anda dapat membantu mengurangi penggunaan tas plastik.

 

Hal yang mudah dan simpel seperti tips di atas, dapat Anda lakukan perlahan-lahan dan pastinya dengan langkah tindakan kecil Anda ini, Anda akan turut berpartisipasi dalam menjaga keseimbangan dan kebersihan lingkungan kita.

 

Ngga hanya itu, Lampbond pun selaku brand pencahayaan lampu memiliki kesadaran terhadap isu kebersihan lingkungan ini dengan salah satunya memberikan tas belanja kepada konsumen Lampbond supaya membantu langkah komunitas dan halnya pemerintah dalam meminimalkan penggunaan tas plastik.

 

Jadi jangan ragu untuk memulai ya !

Back to the top