Mengulik desain Terazzo yang lagi tren

Terazzo style kekinian yang sedang tren ini begitu digemari oleh kalangan muda mudi dan khususnya para mahmud (bacanya : mamah-mamah muda) yang sedang lagi cari refrensi desain untuk renovasi rumah.

Sebelum kita lebih jauh lagi, apakah Anda tahu bagaimana Terazzo bisa ada dan mengapa Terazzo bisa se-ngetren sekarang? Mari kita bahas awal mula alias sejarah awalnya Terazzo. Terazzo sudah ada dari zaman 1920 khususnya di Italia, pada zaman tersebut banyak tempat tambang marmer dimana banyak pekerja batu yang sering menambang batu tersebut untuk dijadikan lantai khusus di hunian  bangsawan atau orang terkemuka di jaman tersebut.

Dilansir oleh Architectural Design School pada prosesnya para pekerja akan menggunakan dinamit untuk meledakan marmer dan granit pada tambang, setelah itu pecahan marmer dikumpulkan. Setelah pecahan marmer dikumpulkan, pecahan marmer akan dicampur dengan semen. Para pekerja lalu akan menuangkan campuran tersebut di teras (Terazza) sambil menggiling bahan dengan  carborudum untuk mengekspos marmer di dalam campuran tersebut.

Bagaimana Terazzo bisa dapat dikenal oleh masyarakat di Indonesia? Dilansir dari Kemilau Marmer, semua berawal dari tahun 1957 dimana Belanda membawa Terazzo serta teknik pembuatannya ke Indonesia, tidak tanggung-tanggung bahkan industri Terazzo pun juga dibuka pada tahun tersebut. Tahun 1970-1980 Terazzo mulai digemari, hal ini ditandai dengan mulai berjamurnya pabrik-pabrik pembuat terazzo diseluruh wilayah Indonesia, produk Terazzo yang memiliki motif yang beraneka macam, ada yang paling sering Anda ingat dulu yaitu motif serpihan baru alam, kemudian serpihan kaca hingga kepingan kerang laut.

Tidak bertahan lama tren Terazzo akhirnya menurun hingga tahun 1980 karena masuknya keramik ke Indonesia.

Tak lekang oleh waktu, sekarang model Terazzo dapat Anda lihat dimana-mana, berbagai macam refrensi Terazzo dengan sentuhan yang modern kini membangkitkan minat para masyarakat. Tidak hanya untuk lantai namun sekarang ini Anda akan menemukan model desain Terazzo pada dinding ruangan.

Jadi apakah Anda salah satu penyuka desain Terazzo? atau bahkan baru tahu sejarah awalnya? Ayo berbagi informasi terkait Terazzo melalui kolom komentar di bawah ini!

Jangan lupa apapun style desain rumah yang Anda pilih, lengkapi berbagai kebutuhan lighting untuk rumah Anda dengan produk dari Lampbond. Anda dapat menghubungi kami melalui akun Instagram kami @Lampbond maupun melalui akun halaman Facebook kami di @lampbondled.

Beri Komentar

Nama .
.
Pesan .

Setujui Komentar Sebelum Ditampilkan

Back to the top