Simak Panduan Memilih Lampu LED

Karena ramah lingkungan hingga penggunaan daya listrik yang relatif lebih hemat dibanding dengan lampu pijar biasa, Lampu LED memiliki daya Tarik tersendiri untuk sebagian orang. Namun, sebelum Anda memilih merk lampu apa yang cocok untuk dibeli. Ada baiknya Anda simak tips berikut ini.

 

    1.Tentukan Warna Cahaya Apa yang Anda Inginkan    

Memilih warna cahaya dapat membuat perubahan besar pada ruangan Anda. Bagi Anda yang masih bingung, caranya dengan melihat skala kelvin yang tercantum dalam kemasan lampu. Satuan ini umumnya digunakan untuk mengukur kenampakan cahaya. Derajat Kelvin yang lebih rendah menunjukkan cahaya kuning-putih yang lebih hangat dan derajat yang lebih tinggi menunjukkan cahaya biru-putih. Warm White (30000Kelvin) paling mendekati bohlam pijar tradisional dan disukai di kamar tidur dan ruang keluarga. Ini memberikan cahaya yang hangat dan mengundang. Sedangkan Cool Daylight (6500K) dapat digunakan untuk pencahayaan tugas, detailing, atau banyak aplikasi industri.             

 

     2. Perhatikan Kebutuhan Watt dan Lumen

Masih banyak yang salah kaprah bahwa besaran Watt dijadikan satuan untuk menunjukkan tingkat kecerahan pada bohlam tradisional. Akan tetapi hal ini tidaklah akurat lagi, karena kini pasar telah menyediakan lampu LED dengan besaran Watt yang lebih kecil dengan nyala yang lebih terang. Sebaliknya, cari peringkat Lumen (lm), yang menggambarkan jumlah cahaya yang dikeluarkan bohlam atau kecerahannya. Ini adalah cara paling akurat untuk mengetahui seberapa terang bohlam dibandingkan dengan sepupu pijar mereka.

 

  1. Pertimbangkan Umur Lampu

Ini juga tak kalah penting, Jika Anda memiliki bohlam yang sulit diganti karena dipasang di tempat yang sulit dijangkau, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk masa penggantian lampu yang relatif lebih lama. Jika Anda mengalami kesulitan ini, pertimbangkan memilih lampu yang memiliki umur panjang. Saat ini tidaklah sulit untuk mencari lampu dipasaran dengan umur lampu hingga 20.000 jam.

 

  1. Lakukan Testing Lampu Sebelum Beli

Setelah mempertimbangkan tiga aspek di atas dan merasa masih lagu untuk menentukan. Maka, beli produk lampu secara offline adalah solusi terbaik. Datanglah ke salah satu outlet lampu kepercayaan Anda, lalu lakukan testing lampu. Dengan ini, Anda dapat melihat dengan jelas apakah warna dan spesifikasi lampu yang Anda inginkan sesuai atau tidak.

 

-LV

Back to the top