Tips Mengatur Pencahayaan Interior di Rumah Anda

Pentingkah mengatur pencahayaan di rumah? Ya penting, mengatur pencahayaan di rumah kerap disepelekan banyak orang bahkan sering diabaikan. Pencahayaan diruangan dapat meningkatkan kenyaman beraktivitas secara optimal di dalam ruangan dengan adanya pencahayaan yang tepat. Selain itu, dengan mengatur pencahayaan dapat meningkatkan estetika rumah yang semakin enak dipandang dan dinikmati. Sumber-sumber cahaya yang biasanya dimanfaatkan di rumah, yaitu pencahayaan alami yang berasal dari cahaya matahari dan pencahayaan buatan yang berasal dari lampu ataupun lilin. Untuk pengaturan pencahayaan lampu biasanya memiliki intensitas yang berbeda-beda tergantung dari lokasi, posisi dan luas dari sebuah ruangan ataupun di luar ruangan. Adapun pengaturan pencahayaan berdasarkan ruangan,  berikut beberapa tips pencahayaan yang bisa dipakai untuk rumah Anda!!

1. Pencahayaan di Teras Rumah

Dengan adanya pencahayaan di teras rumah biasanya yang fungsi utamanya untuk menjaga keamanan rumah, serta fungsi lainnya untuk memberikan keindahan teras di malam hari, Anda bisa mengkombinasikan dari berbagai jenis pencahayaan lampu. Adapun tips tambahan Anda bisa membaca artikel  “Hidup Lebih Praktis dengan Lampu Otomatis dari Lampbond”.

2. Pencahayaan di Ruang Tamu

Setelah dari teras kita masuk ke dalam rumah yaitu ruang tamu, ruang tamu setiap rumah memiliki luas yang berbeda serta furniture yang digunakan di dalam rumah. Untuk ruang tamu yang cukup luas Anda bisa membagi zona lampu untuk sesuai area-areanya, khususnya pencahayaan sentral (general/ambience lighting) bisa diletakkan di area pusat berkumpul.

Pemilihan warna Anda bisa menggunakan intensitas cahaya sedang untuk menciptakan kesan yang hangat dan intim. Penggunaan ruang tamu yang tidak terlalu besar, bisa menggunakan trik cahaya dapat dipantulkan ke arah plafon atau dinding agar ruangan terkesan lebih luas, dan tentunya menggunakan penerangan lampu utama, Anda bisa menggunakan Bohlam LED ataupun Downlight LED dari Lampbond agar dapat menyebarkan penerangan yang secara merata. Selain itu, untuk menambahkan kesan Anda bisa mengatur pencahayaan dengan lampu dinding yang fokus menyorot elemen yang menjadi dekorasi ruang tamu.

3. Pencahayaan di Kamar Tidur

Pencahayaan di kamar tidur sebisa mungkin bisa memberikan kesan yang rileks dan nyaman, karena di kamar Anda akan beristirahat dengan tenang dan nyaman, untuk itu sebelumnya Anda harus memastikan lampu yang digunakan tidak memiliki efek yang silau. Pemilihan lampu untuk dengan kesan rileks anda bisa menggunakan pencahayaan yang berwarna kuning, Anda bisa menggunakan lampu bohlam LED Lambond yang berwarna warm white (Kuning) yang nyaman bagi mata Anda, adapun tambahan dekoratif Anda bisa menambah pencahayaan, seperti lampu tumblr, lampu LED berwarna, Strip LED atau lampu hias lainnya untuk kamar tidur yang estetik. Bagi Anda yang menggunakan kamar tidur bercampur dengan ruang kerja atau tempat belajar, Anda bisa menambahkan task lighting di meja Anda untuk menambah pencahayaan .

4. Pencahayaan di Dapur

Di dapur Anda pasti membutuhkan pencahayaan yang terpusat maksimal dan terang selama aktivitas memasak. Anda bisa memakai pencahayaan khusus berupa lampu sorot di bagian bawah lemari dapur yang mengarah langsung ke area masak Anda, biasanya pencahayaan ini lebih mudah yang menggunakan kitchen set. Bagi Anda yang menggunakan kitchen island, Anda bisa memasang lampu gantung tepat di atasnya, usahakan tidak memasang lampu yang langsung ke tempat biasa digunakan untuk memasak karena dapat menciptakan bayangan saat memasak.

5. Pencahayaan di Ruang Makan

Pencahayaan di ruang makan tidak memerlukan pencahayaan yang rumit karena ruang makan jarang digunakan untuk waktu yang lama, Anda bisa menggunakan lampu gantung yang menghasilkan pencahayaan yang sentral di atas meja, mengatur tinggi dan rendah lampu sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan. Untuk sudut ruangan yang gelap, lampu bisa ditambahkan seperti lampu LED Strip untuk menambah pencahayaan. Jika Anda membutuhkan inspiratif untuk mendekor ruang makan Anda dengan lampu gantung, Anda bisa membaca artikel “6 Inspirasi untuk Lampu gantung Rumah Anda”. 

6. Pencahayaan di Kamar Mandi

Pada pencahayaan kamar mandi juga tidak memerlukan pencahayaan yang rumit karena penggunaanya yang tidak berat, tetapi diperlukan pencahayaan dapat menerangi seluruh bagian kamar mandi. Anda bisa menggunakan bohlam LED Lampbond yang berwarna Cool Daylight (Putih) karena bisa menyebar untuk seluruh ruangan dan menggunakan indeks CRI 85+ yang dapat menghasilkan warna cahaya yang lebih alami.

Dari beberapa tips di atas semoga bisa membantu Anda mengatur pencahayaan di Rumah Anda, sehingga bisa lebih nyaman dan santai bersama keluarga Anda tercinta.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui Facebook @lampbondled dan Instagram @lampbond. Jangan lupa untuk follow, like, comment, dan share!

Tokopedia:

Lampbond Official Store

 

Sumber referensi :

shorturl.at/DKOX0

Beri Komentar

Nama .
.
Pesan .

Setujui Komentar Sebelum Ditampilkan

Back to the top